Aksi nyata modul 3.3.10 program yang berdampak pada murid
AKSI NYATA MODUL 3.3
PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID
LITERASI KELAS - POJOK BACA
RAHAYU KESUMA BR SEMBIRING
SDN O5O626 BEKANCAN
CGP ANGKATAN 1-KAB.LANGKAT
Fasil Niky Noberta
Pdp Aslamaiah
Cgp Rahayu Kesuma br sembiring
PERISTIWA
1.Latar belakang
Aksi nyata ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat baca siswa dan suasana kelas yang kurang menarik. Kurangnya minat baca siswa dapat dilihat ketika siswa diberi tugas membaca materi pelajaran dirumah hanya sedikit siswa yang membacanya.suasana kelas yang kurang nyaman terlihat dari siswa yang tidak betah dan bosan ketika berada di depan kelas dan selalu ingin cepat keluar kelas untuk bermain.dalam situasi ini saya melakukan sebuah perubahan dengan merancang dan melaksanakan program yang berdampak pada murid yakni dengan membuat pojok baca sebagai literasi kelas dengan nuansa yang menarik bagi siswa.
2.Proses Aksi Nyata.
Aksi nyata dimulai dengan mengidentifikasi aset yang dimiliki untuk dikelola sebaik mungkin dalam membuat pojok baca. Kemudian saya mulai mengubah lemari yang sudah rusakmenjadi rak buku yang indah sebagaitempat buku-buku yang akan dibaca oleh siswa. Kemudian saya menata dan mendekorasi pojok ruangan dengan memanfaatkan bahan-bahan yang dapat digunakan agar pojok kelas menjadi indah dan saya menempatkan karpet sebagai tempat duduk bagi siswa untuk membaca dengan nyaman.Setelah itu saya menata buku-buku cerita bergambar dirak buku Saya membangun kesepakatan bersama siswa tentang tata cara membaca buku dipojok baa diantaranya ;membaca dengan tenang, membaca sebelum belajar maupun di jam istirahat. Khusus bagi siswa yang cepat mengerjakan tugas belajar serta dengan hasil belajar yang baik dapat membaca di pojok baca sambil menunggu teman lain menyelesaikan tugas belajarnya. Setiap siswa yang sudah siap membaca harus merapikan buku kembali. Disetiap akhir pembelajaran seorang siswa diberi kesempatan untuk berbagi tentang apa yang dibaca dengan kata-kata sendiri serta menceritakan perasaan mereka setelah membaca secara bergantian. Hal ini dilakukan untuk menuntun siswa melakukan refleksi memaknai serta mengambil pembelajaran positif dari apa yang dibacanya. Melalui berbagi siswa akan belajar melatih kemampuan berkomunikasinya serta menarik minat teman lainnya untuk membaca dipojok baca.
HASIL AKSI NYATA
Dari aksi nyata yang telah dilakukan banyak perubahan yang terjadi baik perubahan suasana proses pembelajaran maupun perubahan pada karakter diri murid. Suasana belajar dikelas lebih nyaman dan menyenangkan, siswa lebih betah belajar dikelas, siswa yang terlebih dahulu selesai dalam pembelajaran tidaklagi ribut dan tidak lagi mengganggu teman lain yang masih belajar sehingga pembelajaran kelas lebih tenang dan fokus. Karakter siswa semakin mengalamiperubahan yang positif dimana siswa semakin senang membaca dan berbagi tentang pengalaman membaca maupun refleksi dari hasilmembacanya, siswa bergotong royong menjaga kerapian pojok baca, siswa semakin mandiri dalam belajar membaca karena motivasi dari diri sesuai minat tanpa perintah guru. Siswa juga semakin kreatifdan bernalar dalam memaknai dan menyampaikan isi dari bacaan yang telah dibacanya. Siswa saling berbagi dalam komunikasi positif serta menambah wawasan mereka dari membaca.Melalui pojok baca siswa dituntun untuk mengeksflor potensi diri untuk mencapai perkembangan karakter yang mencerminkan profil pelajar pancasila sebagai salah satu wujut merdeka belajar bagi siswa agar siswa dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. Pojok baca menuntun siswa untuk menerapkan budaya positif membaca serta membentuk karakter siswa sebagai pribadi yang berbudi luhur baik dilingkungan sekolah maupun dimasyarakat.
PEMBELAJARAN
Komentar
Posting Komentar